Pengalaman Estetis

Berkunjung ke Pameran Seni di Perpustakaan Nasional RI


Nama: Eunike Elisabeth

NPM: 202146500925

Kelas: R3L

Mata Kuliah: Filsafat Seni

Dosen: Angga Kusuma Dawami, M.Sn


Jalan-jalan menelusuri ibu kota adalah hobi saya, mengulik tempat-tempat yang saya anggap unik. Dengan tidak memakan budget yg cukup banyak karena transportasi di jakarta sangat memadai dan terjangkau.

Kali ini saya pergi mencari pameran seni, tujuan utama pergi ke Taman Ismail Marzuki (TIM) di Jakarta Pusat. Tetapi sayangnya ternyata tutup, saya langsung pergi kesana tanpa melihat jadwal terlebih dahulu dan pamerannya sudah tutup.

Lalu saya memutuskan untuk pergi ke Galeri Nasional. yang jaraknya tak terlalu jauh dari Taman Ismail Marzuki (TIM). Pergi ke Galeri Nasional karena menurut saya tempat tersebut paling lengkap pameran lukisannya. Namun ternyata saya harus antri 3 jam untuk masuk ke museum Galeri Nasional. Namun sama seperti di TIM, Karena mengejar waktu juga, saya pun mencari pameran lain yang ada di Jakarta.

Dari Galeri Nasional lalu pindah ke Perpustakaan Nasional RI (PERPUSNAS). Nah, disini saya mendapatkan pameran yang unik. Pameran tersebut berjudul “Kalatanda Gelar Karya 8 Perupa”


Karya seni yang ditampilkan di pameran ini sangat banyak dan memiliki makna yang mendalam, dan kebanyakan dari pameran seni disini adalah mengajak pendatang untuk merasakan karya seni tersebut.

Dalam karya seni diatas yaitu TRANSTEMPORAL

Melampaui waktu yang ada melalui ruang ruang perubahan, menafsir ulang kembali sebuah peristiwa dalam ruang kekinian...


Dan saya banyak mendapatkan pengalaman yang sangat menyenangkan, dan dapat mewawancarai seseorang yang membuat karya seni. Di setiap karya seni yang ada saya mewawancarai pembuatnya dan mengajak foto bersama dengan pembuat karya seni.

Karya di atas yaitu HUMAN ABILITY

Simbolisasi dari filosofi nilai kehidupan yaitu kepemimpinan, keseimbangan hubungan hidup dengan sesama manusia alam semesta juga dengan Tuhan.

Begitulah pengalaman estetis saya kurang lebihnya mohon maaf dan Terimakasih.

Comments

Popular posts from this blog

Teori Mimesis dan Teori Significant Form

Menggali Pengalaman Seni Dalam Diri

22 PHILOSOPHY OF ART